PT
Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai
sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc.
Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra
International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan
kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di
Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Nilai kapitalisasi
pasar Astra pada akhir tahun 2017 adalah sebesar Rp336,0 triliun.
Sesuai
anggaran dasar Perseroan, kegiatan usaha yang dapat dijalankan oleh
Perusahaan mencakup perdagangan umum, perindustrian, pertambangan,
pengangkutan, pertanian, pembangunan, jasa dan konsultasi. Hingga tahun
2017, Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis
yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha,
terdiri dari:
- Otomotif.
- Jasa Keuangan.
- Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi.
- Agribisnis.
- Infrastruktur dan Logistik.
- Teknologi Informasi.
- Properti.
Dengan
bisnis yang beragam, Astra telah menyentuh berbagai aspek kehidupan
bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan. Dalam keseharian
hidup, masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor dan mobil, jalan
tol, printer, hingga layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi milik
Astra. Pelaku bisnis bermitra dengan Astra memanfaatkan berbagai
kendaraan komersial, alat berat, layanan logistik, sistem teknologi
informasi dan jasa pertambangan dari Astra. Berbagai produk yang
dihasilkan, antara lain minyak kelapa sawit, batu bara dan kendaraan
bermotor, senantiasa diekspor sehingga Astra dapat berkontribusi dalam
menyumbangkan devisa bagi negara.
Pada
akhir tahun 2017, kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh
Indonesia dikelola melalui 224 anak perusahaan, ventura bersama dan
entitas asosiasi, dengan didukung oleh 225.935 karyawan. Sebagai salah
satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun
reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan
berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan
tata kelola lingkungan yang baik.
Astra
senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang
berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan
perpaduan yang berimbang pada aspek komersial bisnis dan sumbangsih
non-bisnis melalui program tanggung jawab sosial yang berkelanjutan di
bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan usaha kecil dan menengah
(UKM) serta kesehatan.
Lihat juga tentang Daihatsu Sales Operation
Lihat juga tentang Daihatsu Sales Operation
Komentar :
Posting Komentar